RAMBU-RAMBU PENYUSUNAN RPP TEMATIK

diposkan oleh : Yuswan

Pembelajaran di kurikulum 2013 menggunakan pendekatan Tematik oleh karena itu bagi jajaran pendidikan khusus dipandang perlu menyesuaikan pola ini. Didalam penyusunan RPP ada uang perlu diingat bahwa pada kurikulum 2013 istilah standar kompetensi tidak dikenal lagi. Namun muncul istilah kompetensi inti (KI).

Kompetensi inti dapat dipahami sebagai :

    1. Gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan tema
    2. Kemampuan yang harus dimiliki seorang peserta didik untuk setiap kelas melalui pembelajaran.

Kompetensi Inti (KI) terdiri dari 4 yakni :

  1. Kompetensi Inti 1 (K1) yang terkit dengan aspek sikap dalam hubungannya dengan Al-Khalik (Allah.S.W.T) atau bersifat religi.
  2. Kompetensi Inti 2 (K2) yang terkit dengan aspek sikap dalam hubungannya dengan aktifitas sesama manusia (sosial),
  3. Kompetensi Inti 3 (K3) yang terkit dengan aspek  kognitif atau ilmu pengetahuan yang harus dikuasi siswa,
  4. Kompetensi Inti 4 (K4) yang terkit dengan aspek  psikomotor yang harus dikuasi siswa.

Didalam penyusunan RPP harus merumuskan tujuan pembelajaran dari  ke-empat apek dalam Kompetensi Inti (KI) dimaksud.  Berikut seputar informasi terkait hal tersebut, silahkan KLIK :  3.1.1 Rambu-Rambu Penyusunan RPP tematik

 

 

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s