PENDIDIKAN KETERAMPILAN DI SDLB

Oleh Yuswan

         Ditinjau dari segi kompetensi intinya  tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan atau ekstrakurikuler.
Kompetensi sikap dan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan, dan kondisi siswa.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya”. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Selengkapnya KI dan KD dimaksud adalah sebagai berikut :

  1. 1. KI-KD Seni Budaya SDLB Tunanetra_PKLK_Rev
  2. 2.KI-KD Seni Budaya SDLB Tunarungu_PKLK_Rev
  3. 3. KI-KD Seni Budaya SDLB Tunagrahita_PKLK_REV
  4. 4 KI-KD Seni Budaya SDLB Tunadaksa_PKLK_Rev
  5. 5. KI-KD Seni Budaya SDLB Autis_PKLK_Rev