STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Oleh Yuswan

Peraturan  Pemerintah  Nomor  19  Tahun  2005 tentang  Standar  Nasional  Pendidikan  perlu diselaraskan  dengan  dinamika  perkembangan masyarakat,  lokal,  nasional,  dan  global  guna mewujudkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional.  Pembangunan dalam rangka mencerdaskan kehidupan  bangsa diperlukan  komitmen  nasional  untuk  meningkatkan mutu  dan  daya  saing  bangsa  melalui  pengaturan kembali  Standar  Kompetensi  Lulusan,  standar  isi, standar  proses,  dan  standar  penilaian,  serta pengaturan kembali kurikulum.

Hal yang perlu kita sadari bahwa keberadaan Standar  Kompetensi  Lulusan  adalah  digunakan  sebagai  acuan utama  Pengembangan  Standar  Isi,  Standar  Proses, Standar  Penilaian  Pendidikan,  Standar  Pendidik  dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, dan Standar Pembiayaan.

Oleh karena itu adalah suatu kewajiban bagi segenap pihak yang merasa dirinya terlibat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa untuk mengetahui  PP no. 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang kita gunakan saat ini. Untuk mengunduh silahkan KLIK  PP NOMOR 32 TAHUN 2013