MENGENAL SDLB, SMPLB, SMALB, DAN SLB

Oleh Yuswan

Pembaca yang budiman, menjelang tahun pelajaran baru 2019/2020 ada sedikit yang perlu kita ciptakan kesamaan persepsi atas lembaga pendidikan atau satuan pendidikan yang bertugas memberikan layan pendidikan bagi putra-putri Indonesia yang membutuhkan pendidikan khusus.

Batasan 

Permendikbud Nomor  6 Tahun  2019  memberi batasan sebagai berikut :

  1. Sekolah Dasar Luar Biasa yang selanjutnya disingkat SDLB adalah salah satu bentuk Satuan Pendidikan khusus bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, dan/atau sosial.
  2. Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa yang selanjutnya disingkat SMPLB adalah salah satu bentuk Satuan Pendidikan khusus bagi peserta didik sebagai lanjutan dari SDLB atau bentuk lain yang sederajat.
  3. Sekolah Menengah Atas Luar Biasa yang selanjutnya disingkat SMALB adalah salah satu bentuk Satuan Pendidikan khusus bagi peserta didik yang telah lulus dari SMPLB atau bentuk lain yang sederajat.
  4. Sekolah Luar Biasa yang selanjutnya disingkat SLB adalah bentuk Satuan Pendidikan khusus yang terintegrasi pada jalur formal untuk jenjang pendidikan dasar sampai dengan pendidikan menengah dalam satu manajemen pengelolaan.
  5. Berdasar PP Nomor 10 Tahun 2010 pasal 127  Pendidikan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial, dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa.