KUROTRAM SEBUAH SOLUSI

   Oleh Yuswan.

BENTUK KUROTRAM

 

BENTUK KUROTRAM

Kurotram  adalah  sebuah kursi roda yangdipasang penggerak menggunakan dinamo sepeda listrik  dengan sumber tenaga listrik  berupa aki kering.

Kurotram merupakan gabungan antara kursi roda sebagai fisik utama, Sepeda listrik untuk roda belakang yang merupakan dinamo dengan pasokan listrik 12 Volt. Sedangkan untuk rem cakram sepeda dab roda depan menggunakan roda sepeda anak-anak  ukutan nomor 12,  dan kemudi menggunakan stir mobil kecil.  Kemudi menggunakan shoc break  sistem.

P1080324KUROTRAM TAMPAK DEPAN

 

PERBANDINGAN RODA KUROTRAM

PERBANDINGAN RODA KUROTRAM

KUROTRAM TAMPAK BELAKANG

KUROTRAM TAMPAK BELAKANG

LETAK LAMPU KUROTRAM

LETAK LAMPU KUROTRAM

SHOCK BREAK KUROTRAM

SHOCK BREAK KUROTRAM

Kurotram ini tidak menimbulkan polusi suara dan polusi udara, sehingga layak untuk kepentingan dalam ruangan kelas, kantor maupun dalam rumah. Kurotram saat ini dirancang untukanak-anak atau meraka yang ramping, sehingga memiliki lebar 80 cm, dengan rincian tebal roda belakang @ 20 cm dan fisik tempat duduk 40 cm. Untuk sementara  karena tebal aki 20 cm , maka masih bisa dilipat setebal aki. Oleh karena itu  pada saat dilipat memiliki lebar fisik 60 cm, dan masih bisa dimasukan ke mobil jenis minibus (avansa atau yang lainnya).

Pembuatannya cukup mudah. Kita hanya butuh menyiapkan rangka kursi roda (bisa buat atau beli) terus 2 (dua) buah dinamo yang dipasang berbalik, satu untuk maju dan satu untuk mundur, rem cakram sepeda, roda sepeda anak-anak terkecil (ukuran No.12)  kemudi mobil  dan menyiapkan perangkat keamananya  (lampu, klakson dan spion).

Pembelian kebutuhan tadi ada di toko sepeda. jadi tidak terlalu sulit. Merakitnya bisa minta bantuan bengkel las dan teknisi/meknik  yang mengetahui prosedur kerja penggerak dinamo sepeda  listrik.

Dengan demikian harga sebuah  kurotram dapat terjangkau oleh pengguna. Apalagi kalau mau belajar merakit sendiri.Bila kita mau pasti bisa, karena teknologinya sangat sederhana.

Apabila  kita mau, maka kurotram ini dapat digunakan dalam ruangan atar di liar ruangan baik hanya untuk mobilitas dekat maupun transportasi antar tempat.  Jadi dapat dijadikan solusi atau merupakan solusi sederhana terkait mobilitas penyandang tunadaksa.

Selamat mencoba…..!

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s