PENGEMBANGAN KARIR GURU

Oleh Yuswan

Tugas sebagai Guru adalah sebuah profesi. Sementara personal guru adalah seorang Pegawai.

Seorang guru sebagai pegawai dengan tugas pokok guru diakui atau tidak secara umum  menginginkan penghargaan. Salah satunya adalah dalam bentuk pengembangan karir bagi dirinya. Untuk kepentingan ini adalah sangat ideal bila organisasi dimana guru itu bernaung memberikan bimbingan pengembangan karir anggotanya.

Sekarang sudah saatnya seorang guru memahami apa yang dimaksud dengan pernyataan   “Karir guru”  dan “pengembangan karir”.

Pada hakekatnya karir seorang guru dapat dipahami dari 2 (dua) sudut panfang yakni :

  • Karir Struktural  yakni karir yang berhubungan dengan kedudukan seorang guru di dalam struktur organisasi sekolah tempat bertugas. Karir ini berhubungan dengan tanggungjawab, wewenang, dan hak sehingga membutuhkan kemampuan  wawasan/pengetahuan, sikap, dan keterampilan seorang guru dengan kedudukan yang diembannya. Jadi pengembangannya adalah menyiapkan guru untuk menguasai kemapuan dimaksud.

Misalnya menjabat sebagai Wali Kelas, PKS, Wakasek, Kepala Sekolah, dan lain-lain.)

  • Karir Fungsional, berhubungan dengan tingkatan/pencapaian formal
    seseorang di dalam profesi yang ia geluti. Pengembangan karir fungsional guru di Indonesia dalam bentuk menyiapkan seperangkat kemampuan yang dapat dinilai dalam perhitungan angka kreditnya.

contohnya guru madya, guru dewasa, guru pembina, guru professional.

Sebagai bahan referensi memahami pengembangan karir guru dapat dipelajari tulisan Ibu Dra. Aas Saomah, M.Si  dari UPI  dengan judul  PENGEMBANGAN_KARIR_GURU