GERAKAN LITERASI SEKOLAH

Diposkan Oleh Yuswan

Dalam Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS) 2011, Indonesia menduduki peringkat ke-45 dari 48 negara.  Sementara itu, uji literasi membaca dalam Programme for International Student Assessment (PISA) 2009 menunjukkan peserta didik Indonesia berada pada peringkat ke-57  dan pada  PISA 2012  peserta didik Indonesia berada pada peringkat ke-64 dari  65 negara.  Data PIRLS dan PISA tersebut, khususnya dalam keterampilan memahami bacaan, menunjukkan bahwa kompetensi peserta didik Indonesia tergolong rendah.

Padahal keterampilan membaca berperan penting dalam kehidupan kita karena
pengetahuan diperoleh melalui membaca. Oleh karena itu, keterampilan ini harus
dikuasai peserta didik dengan baik sejak dini.

Gerakan literasi di SLB bertujuan untuk menciptakan iklim literasi SLB, yang
meliputi: a) lingkungan fisik sekolah (ketersediaan fasilitas, sarana prasarana
literasi); b) lingkungan sosial dan afektif (dukungan dan partisipasi aktif semua
warga sekolah) dalam melaksanakan kegiatan literasi SLB, dan c) lingkungan
akademik (adanya program literasi yang nyata dan bisa dilaksanakan oleh seluruh
warga sekolah).

Bagaimana implementasinya ?

Khusus bagi anda yang ingin mendownload panduan GLS di SLB  silakan KLIK   AKU GLS DI SLB