Pemilihan Kepala Sekolah SLB Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2017

Lambang PGRI

By Yuswan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga  Kependidikan memberikan penghargaan atau apresiasi kepada pendidik dan tenaga kependidikan yang berprestasi dan berdedikasi di tahun 2017 ini. Pemberian penghargaan tersebut diharapkan berdampak terhadap peningkatan motivasi berprestasi dan berdedikasi para kepala sekolah pendidikan khusus di seluruh Indonesia.

Secara teknis dapat dipahami sebagai berikut :

 1.  Pengertian

  • Kepala sekolah pendidikan khusus adalah guru yang diberi tugas tambahan untuk memimpin satuan pendidikan khusus (SDLB, SMPLB,SMALB) dan/atau Sekolah Luar Biasa/Sekolah Khusus (SLB/SKh).
  • Kepala sekolah pendidikan khusus berprestasi adalah kepala sekolah yang memiliki kemampuan optimal dalam dimensi kompetensi manajerial, supervisi, kepribadian, sosial, dan kewirausahaan serta kompetensi pendukung lainnya, yang ditunjukkan dengan meningkatnya prestasi guru, peserta didik dan sekolah.
  • Kepala sekolah pendidikan khusus berdedikasi adalah kepala sekolah yang melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai kepala sekolah dengan penuh komitmen, pengorbanan waktu, tenaga, dan pikiran yang jauh melampaui tuntutan tanggung jawab yang ditetapkan dalam penugasan.

2 Sasaran

Pemilihan Kepala Sekolah Pendidikan Khusus Berprestasi dan Berdedikasi tahun 2017 adalah seluruh kepala sekolah satuan pendidikan khusus (SDLB,SMPLB, SMALB/SMKLB) dan/atau Sekolah Luar Biasa/Sekolah Khusus (SLB/SKh) yang tersebar di seluruh Indonesia.

3. Persyaratan Peserta

  • Memiliki pengalaman mengajar sebagai guru sekolah luar biasa sekurang-kurangnya 5 tahun.
  • Telah menjabat sebagai kepala sekolah pendidikan khusus sekurang-kurangnya 4 tahun secara terus menerus atau 6 tahun secara terputus-putus.
  • Memiliki kualifikasi akademik sekurang-kurangnya S1/D-IV dan sertifikat pendidik.

Dokumen Peserta dikirim oleh dinas pendidikan provinsi, informasi selengkapnya silakan KLIK : Pedoman Pemilihan KS Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2017

 

Iklan