KISI-KISI PKB GURU SLB TAHUN 2017

Oleh Yuswan

Pelaksanaan  pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian  Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Drektorat Jenderal Guru & Tenaga Kependidikan dalam berupaya meningkatkan kompetensi guru.

Sejalan dengan hal tersebut, langkah pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji  Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi.

Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru.

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda DARING akhirnya dihentikan  sesuai arahan Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui surat nomor 22449/MPK.A/GT/2017 tentang penghentian Progran Peningkatan Kompetensi Melalui Daring dan Integrasi Pelatihan Guru. Sesuai surat pemberitahuan Nomor 27596/B/PR/27 tgl 20 September  2017 yang dapat di didownload dengan KLIK PEMBERITAHUAN PKB 2017

Sebagai tindak lanjutnya maka program PKB  Tahun 2017 dilaksanakan dengan metode TATAP MUKA  (TM)  In – On – In  dengan berbasis Kelompok Kerja Guru ( KKG/ MGMP/ KKKS/ MKKKS/ KKPS/ MKPS)  dengan tidak mengganggu proses pembelajaran di kelas.

Mengingat pelaksanaan Post Tes  atas pelaksanaan PKB direncanakan akhir bulan November  2017.  Maka  pelaksanaan TATAP MUKA  (TM)  In – On – In  dengan berbasis Kelompok Kerja Guru ( KKG/MGMP/KKKS/MKKKS/KKPS/MKPS)  akan segera dilaksanakan.

Sebagai acuan dalam kegiatan ini telah dikembangkan sebuah KISI-KISI  pre tes UKG. Khusus bagi guru SLB telah penulis rangkum dalm dokumen exel yang meliputi semua mapel dan bagian dalam SLB dan dapat download dengan klik GABUNGAN KISI-KISI PRE TEST UKG SLB TAHUN 2017xlsx

Khusus bagi  guru SLB bagian Tunagrahita  berikut ada modul yang dapat dijadikan referensi dan silakan  download dengan klik yang dibutuhkan :

  1. 1 TG-MODUL A-3-1
  2. 2 TG-MODUL-B-3-1
  3. 3 TG-MODUL-C-3-2
  4. 4 TG-MODUL-D-3-2
  5. 5 TG-MODUL E-3-1
  6. 6 TG-MODUL F-3-2
  7. 7 TG-MODUL-G-3-2
  8. 8 TG-MODUL H-3-1
  9. 9 TG-MODUL I-3-1
  10. 10 TG-MODUL J-3-1

Selamat ber pre test….