STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

 

Oleh Yus

Pendidikan  nasional  adalah  pendidikan  yang  berdasarkan  Pancasila  dan  Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.

Pendidikan Formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.

Pasal 8 UU No 20 th 2003 tenteng sistem pendidikan nasional  memberikan hak untuk berperan sertan dalam pendidikan kepada masyarakat  dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi program pendidikan.

Guna kesamaan kualitas peran serta masyarakat maka ditetapkannya  Standar Nasional Pendidikan  yaitu  kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Adapun standar asional pendidikan dimaksud meliputi :

  1. Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  2. Standar Isi adalah kriteria mengenai ruang lingkup materi dan tingkat Kompetensi untuk mencapai Kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
  3. Standar Proses adalah kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan.
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah kriteria mengenai pendidikan prajabatan dan kelayakan maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan.
  5. Standar Sarana dan Prasarana adalah kriteria mengenai ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi serta sumber belajar lain, yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
  6. Standar Pengelolaan adalah kriteria mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan.
  7. Standar Pembiayaan adalah kriteria mengenai komponen dan besarnya biaya operasi satuan pendidikan yang berlaku selama satu tahun.
  8. Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar Peserta Didik.

Selanjutnya dala  menjamin hak peserta didik maka dalam memberikan layanan pendidikan harus bermuara pada target kompetensi siswa susuai tingkat perkembangan peserta didik. Adapun Kompetensi dalam hal ini  adalah seperangkat sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh Peserta Didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran, menamatkan suatu program, atau menyelesaikan satuan pendidikan tertentu.

Kurikulum 2013 memerinci kompetensi menjadi 2 (dua) yakni :

  1. Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang Peserta Didik pada setiap tingkat kelas atau program.
  2. Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh Peserta Didik melalui pembelajaran.

Guna memahami secara lengkap Standar Nasional Pendidikan dimaksud  dapat mengunjungi web BNSP dengan silakan KLIK…

  1. Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah  SILAKAN unduh permendikbud-no-20-tahun-2016-tt-skl-dikdasmen  dan  lampiran-permendikbud-no-20-th-2016-tt-skl
  2. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah  dapat diunduh dengan klik permendikbud-nomor-21-tahun-2016-tt-st-isi-dikdasmen dan lampiran permendikbud-no-21-tahun-2016-tt-st-isi-dikdasmen
  3. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah  dapat diunduh dengan klik permendikbud-no-22-tahun-2015-tt-st-proses-dikdasmen
  4. Standar Penilaian Pendidikan silakan unduh dengan klik permendikbud-no-23-tahun-2016-tt-st-penilaian
  5. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

silakan unduh dengan klik

Standard nasional diatas diberlakaukan untuk layanan pendidikan bagi peserta didik melalui satuan pendidikan reguler. Sedangkan untuk peserta didik bagi peserta didik berkebutuhan khusus (ABK) melalui satuan pendidikan khusus ada beberapa standar nasional yang telah disesuaikan diantaranya  dan silakan unduh disini

  1. permendiknas1-2008-ttg-spm-pk    (standar proses)
  2. permen_32_2008-ttg-standar-guru-pk
  3. permendikbud-nomor-33-tahun-2008-tt-standar-sarpras-slb