A. PERAN IGPKhI DALAM PROGRAM KEMANDIRIAN

Oleh Yuswan

Ringkasnya  IGPKhI sebagai organisasi profesi bagi guru poendidikan khusus  hendaknya memiliki :

  1. Peran sebagai MEDIATOR yakni : 
  • Mewakili anggotanya berkomunikasi secara profesional dengan Pemerintah apa yang harus dikerjakan guru (kewajiban) dan apa yang harus dikerjakan Pemerintah selaku penyelenggara SLB (pemberi kerja) dalam menunjang tugas guru sesuai target Pemerintah (kurikulum) khusunya program kemandirian.
  • Pro aktif mewakili guru berkomunikasi secara profesional atas kekurangan dan kelebihan kemampuan guru dalam melaksanakan tugas program kemandirian peserta didik. Melindungi guru berijasah PLB agar tugasnya sejajar dengan guru Non PLB di sekolah reguler.
  • Pro aktif mewakili guru bersama-sama Pemerintah dalam merumuskan bentuk kegiatan yang dapat meningkatkan dan atau mempertahankan kualitas kompetensi profesional anggotanya.

Misal : Penataran,seminar, simposium dll

  • Mengusahakan IGPKhI mendapat kesempatan bersama Pemerintah (Ditjen GTK  atau Dit.PKLK) merumuskan kebijakan terkait penyelenggaraan dan Pengelolaan program kemandirian di SLB sebagai tempat kerja anggotanya, mengingat KI KD Keterampilan Pilihan disusun oleh Asosiasi Profesi Keterampilan bukan oleh Guru SLB.

 

  1. Peran sebagai FASILITATOR, hendaknya IGPKhI dapat memvasilitasi anggota dalam :
  • memperjuangkan hak-haknya secara profesional (kuantitatif terkait hak material dan kualitatif terkait hak non material).
  • Memperjuangkan kesempatan untuk mendapatkan hak kuantitatif misalnya terkait gaji/upah atau kesejahteraan material lainya.
  • Memperjuangkan kesempatan untuk mendapatkan hak kualitatif, misalnya:
  1. Terkait status sebagai PNS bagi yang belum PNS atau sebagai guru dengan status PPNPNS (Kontrak kerja) bagi yang belum.
  2. Terkait beban tugas untuk mendapat tugas profesional sesuai kualifikasi akademik yang dimiliki.
  3. Khusus dalam hal Pembelajaran Program Kemandirian bagi ABK IGPKhI melalui Biro Litbangnya Pro Aktif menyusun program kerjasama dengan DUDI sehingga dapat menyusun program sesuai kebutuhan riil di masyarakat.

peran selengkapnya silakan klik :   PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KEMANDIRIAN BAGI ABK