KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN KHUSUS

Oleh : YUSWAN

Pendidikan khusus merupakan pendidikan bagi  a.  peserta didik  berkelainan  atau berkebutuhan khusus  yaitu yang  memiliki tingkat  kesulitan  dalam  mengikuti  proses  pembelajaran  karena  kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial; dan/atau  b.  peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa.

Pendidikan  khusus  berfungsi  memberikan  layanan  pendidikan  bagi  peserta  didik  yang memiliki kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial.

Bentuk satuan pendidikan khusus  jalur formal  meliputi  TKLB/RALB,  SDLB/MILB,  SMPLB/MTsLB,  SMALB/MALB,  dan SMKLB/MAKLB. Secara kualitatif kurikulum pendidikan khusus dibandingkan dengan kurikulum pendidikan reguler adalah sebagaimana termaktub dalam PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH NOMOR : 10/D/KR/2017 TANGGAL : 4 April 2017 TENTANG STRUKTUR KURIKULUM, KOMPETENSI INTI-KOMPETENSI DASAR, DAN PEDOMAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN KHUSUS,

Dengan dikeluarkannya peraturan dirjend tersebut maka  Permendikbud Nomor 157 Tahun 2014   dinyatakan tidak berlaku.

Penyelenggaraan pembelajaran satuan pendidikan khusus  sebagai implementasi Kurikulum  2013 harus berpedoman pada lampiran III yang selengkapnya silakan KLIK : PEDOMAN IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN KHUSUS

Iklan