PENUMBUHAN BUDI PEKERTI

Oleh  Yuswan

        Peraturan Mendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 memberikan pengertian bahwa “Penumbuhan  Budi  Pekerti  yang  selanjutnya  disingkat  PBP  adalah  kegiatan pembiasaan  sikap  dan perilaku  positif  di  sekolah  yang  dimulai sejak  dari  hari pertama  sekolah,  masa  orientasi  peserta didik  baru  untuk  jenjang  sekolah  menengah  pertama,  sekolah  menengah  atas  dan  sekolah menengah kejuruan, sampai dengan kelulusan sekolah”.

         Pendidikan  khusus merupakan jenis pendidikan yang diperuntukan  bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Kebijakan  dalam memberikan kegiatan Penumbuhan Budi Pekerti bagi peserta didik  jenis pendidikan khusus, secara prinsip  dilaksanakan layaknya jenis pendidikan reguler (SD, SMP, SMA dan SMK). Hal yang membedakan adalah variasi materi dan teknisnya.

         Menyadari karakteristik peserta didik satuan pendidikan khusus (TKLB, SDLB, SMPLB dan SMALB) Direktorat PK-LK Kemendikbud RI berupaya menumbuhkan  budi pekerti salah satunya melalui media KOMIK. Keberadaan media komik sangat membantu guru dalam memberikan kegiatan penumbuhan budi pekerti  bagi peserta didik.  Demikian pula peserta didik sangat terbantu oleh komik karena komik dapat berfungsi sebagai visualisasi atas informasi sikap yang bersifat sangat abstrak.

           Oleh karena itu guna memahami hal-hal terkait dengan kegiatan Penumbuhan Budi Pekerti demi terciptanya kesamaan persepsi diantara kita silakan pahami dengan KLIK PERMENDIKBUD N 23 TAHUN 2015  I