SEPUTAR ORIENTASI MOBILITAS

 

pengenalan lingkungan

Diposkan oleh Yuswan

Penyandang tunanetra karena keterbatasan kemampuan menerima rangsangan visual menyebabkan dirinya kurang mampu untuk berorientasi di lingkungannya. Sebagai dampak lebih lanjut kemampuan untuk bergerak akan terlambat.

Guna mengurangi dampak negatif dari kondisinya membutuhkan pembelajaran dan/atau bimbingan  sesuai kebutuhan yaitu pembelajaran  terkait dengan ORIENTASI DAN MOBILITAS. Tanpa program khusus ini dalam pendidikan anak tunanetra mereka mengalami kesulitan untuk mengenali keadaan lingkungannya termasuk mengenali benda yang ada di hadapannya.

Oleh karena itu adalah penting adanya bagi pengajar atau calon pengajar anak tunanetra mendalami ilmu  seputar ORIENTASI DAN MOBILITAS sebelum memberikan pembelajaran dan/atau bimbingan.  Secara berturut-turut idealnya menguasai pengetahuan seputar :

  1. Latar belakang dan problema orientasi dan mobilitas,
  2. Pengertian  orientasi dan mobilitas,
  3. Tujuan  orientasi dan mobilitas,
  4. Sejarah Orientasi dan Mobilitas,
  5. Konsep-Konsep dan Komponen-Komponen Orientasi dan Mobilitas,
  6. Masalah kemampuan dan Teknik-teknik Orientasi dan Mobilitas.

Bagi pembaca yang ingin memahami materi  OM tersebut  silakan KLIK :MATERI ORIENTASI DAN MOBILITAS

 

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s