PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL

PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL ( PPI )

diposkan oleh : Yuswan

Bagi dunia pendidikan kenyataan ini mengharuskan perlunya pendidik mempertimbangkan Implikasi perbedaan-perbedaan peserta didik (ketika merencanakan, melaksanakan, dan menilai pendidikan) yang bervariasi dan unik pada anak berkebutuhan khusus  agar potensinya dapat dikembangkan secara optimal. Guna kepentingan ini  diperlukan layanan pendidikan yang sesuai dengan kekhususannya. Program  layanan pembelajaran yang dapat mengakomodir  sesuai kebutuhan dan kemampuan siswa adalah program pembelajaran individual (PPI).

Penerapan Program Pembelajaran Individual (PPI) pada peserta didik berkebutuhan khusus sangat strategis, Snell (1983) mengemukakan beberapa hal yang mendasari pengembangan program pembelajaran individual (PPI) pada anak berkebutuhan khusus yaitu:

  1. Anak berkebutuhan khusus dalam belajar berbeda dengan anak normal, makin berat tingkat kecacatannya semakin komplek cara belajarnya. Anak berkebutuhan khusus memerlukan modifikasi dan rentang waktu yang berbeda dibandingkan dengan peserta didik yang normal.
  2. Sekolah bertanggung jawab memberikan keterampilan fungsional agar supaya siswa dapat mandiri. Dengan demikian, diharapkan sekolah dapat mengajarkan keterampilan fungsional yang dibutuhkan siswa dalam menjalankan kehidupannya baik di sekolah, di rumah dan di masyarakat.
  3. Guru harus berhubungan dengan orangtua peserta didik di dalam menjalankan program maupun evaluasi programnya..
  4. Guru sangat berperan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Guru juga harus dapat meyakinkan masyarakat bahwa tujuan materi dalam program pembelajaran individual (PPI) dapat diterima: praktis,  efektif, dan manusiawi.
  5. Anak berkebutuhan khusus membutuhkan pelayanan pendidikan dengan prinsip-prinsip modifikasi perilaku.

Berikut model Program Pembelajaran Individual yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SLB Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas Tahun 2009  yang selengkapnya Silakan KLIK : MODEL PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL

CATATAN :

Model PPI wajib dipelajari oleh mahasiswa progam PPKHB PLB angkatan 6 tahun 2013 sebagai materi matakuliah Program Pembelajaran Individual (PPI) dari Bapak Salim Choiri.

Tugas terstruktur selengkapnya silakan KLIK :TUGAS TERSTRUKTUR PAK SALIM CHOIRI

3 Komentar

3 thoughts on “PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s