TUMBUH KEMBANG ANAK

tumbuh-kembang-dan-pendidikan-dasar-anak
Posted by : Yuswan
     Memiliki anak dengan tumbuh kembang yang optimal adalah dambaan setiap orang tua. Untuk mewujudkannya tentu saja orang tua harus selalu memperhatikan, mengawasi, dan merawat anak secara seksama. Pada prinsipnya proses tumbuh kembang anak dapat berlangsung secara alami, walaupun demikian secara kualitatif tetapi proses tersebut juga sangat tergantung kepada orang dewasa atau orang tua.Jadi sebagai orang tua harus memiliki pengetahuan praktis terkait dengan tumbuh kembang anak-anaknya dengan harapan dapat dijadikan bekal dalam merawat dan membesarkan anak kita.
       Orang tua harus menyadari bahwa periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah yakni pada  masa balita. Karena pada masa ini pertumbuhan dasar akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Pada masa balita ini perkembangan kemampuan berbahasa, kreativitas, kesadaran sosial, emosional, dan intelegensia berjalan sangat cepat dan merupakan landasan perkembangan berikutnya. Perkembangan moral serta dasar-dasar kepribadian juga dibentuk pada masa ini. Pada masa periode kritis ini, diperlukan rangsangan atau stimulasi yang berguna agar potensinya berkembang. Perkembangan anak akan optimal bila interaksi diusahakan sesuai dengan kebutuhan anak pada berbagai tahap perkembangannya, bahkan sejak bayi masih dalam kandungan.
Sekedar untuk refrensi terkait masalah tumbuh kembang anak dapat dibaca tulisan STIMULASI TUMBUH KEMBANG ANAK UNTUK MENCAPAI TUMBUH KEMBANG YANG OPTIMALOleh: dr. Nia Kania, SpA., MKes dengan KLIK : stimulasi_tumbuh_kembang_anak_optimal
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s