ANAK BERBAKAT DI INDONESIA

KARAKTERISTIK DAN MASALAH PERKEMBANGAN

ANAK BERBAKAT DI INDONESIA

Posted by : YUSWAN

      Penanganan pendidikan bagi Anak berbakat di Indonesia  memiliki landasan yuridis formal pelayanan pendidikan bagi anak berbakat adalah : Undang-Undang No. 2/1989 (telah diganti dengan )  Undang-Undang No. 20 / 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, khususnya pasal 5 :

a.       Ayat  (2):Warga negara yang memiliki kelainan fisik dan / atau mental berhak memperoleh pendidikan khusus.

b.      Ayat (4)  : Warga negara yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa berhak memperoleh pndidikan khusus.

(Terakhir dikelola secara khusus dengan PP No. 17 Tahun 2010 mulai dari pasal 134 s/d 137  serta dipertegas melalui PP No. 66 Tahun 2010  pasal Pasal 53 ayat  (2) yakni “Satuan pendidikan wajib menjamin akses pelayanan pendidikan bagi peserta  didik yang membutuhkan pendidikan khusus, dan layanan khusus”. 

Konsep normatifnya   “ Pendidikan khusus bagi peserta didik yang  memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa berfungsi mengembangkan potensi keunggulan peserta didik menjadi prestasi nyata sesuai dengan karakteristik keistimewaannya” Sedangkan  tujuannya “ untuk mengaktualisasikan seluruh potensi keistimewaannya tanpa mengabaikan keseimbangan perkembangan kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, sosial, estetik, kinestetik, dan kecerdasan lain”. (PP No. 17 Tahun 2010  pasal 134 ayat 1 dan 2 )

Selengkapnya selakan KLIK : KARAKTERISTIK DAN MASALAH PERKEMBANGAN ANAK BERBAKAT DI INDONESIA

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s