KATA KERJA OPERASIONAL (KKO)


Oleh Yuswan

              Kebutuhan kemampuan memahami karakteristik kata kerja operasional (KKO) bagi seorang guru adalah mutlak adanya. Memahami KKO penting agar dalam membuat program pembelajaran memiliki tujuan yang terukur dengan mudah.

Berikut kata kerja (KKO) untuk perumusan tujuan atau indikator dalam dimensi proses kognitif  menurut Bloom yaitu :

  1. Mengingat (C1) pengertiannya adalah kemampuan mengambil pengetahuan dari memori jangka panjang
  2. Memahami (C2) dimaksudkan  kemampuan mengkonstruk makna dari materi pembelajaran, termasuk apa yang diucapkan, ditulis, dan digambar oleh guru
  3. Mengaplikasikan (C3) adalah  kemampuan menerapkan atau menggunakan suatu prosedur dalam keadaan tertentu
  4. Menganalisis (C4) adalah  kemampuan memecah-mecah materi jadi bagian-bagian penyusunnya dan menentukan hubungan-hubungan antarbagian itu dan hubungan antara bagian-bagian tersebut dan keseluruhan struktur atau tujuan
  5. Mengevaluasi (C5) adalah kemampuan mengambil keputusan berdasarkan kriteria dan atau standar.
  6. Mencipta (C6) yaitu kemampuan Memadukan bagian-bagian untuk membentuk sesuatu yang baru dan koheren atau untuk membuat suatu produk yang orisinal.
KKO selengkapnya silakan KLIK : KKO BLOOM. revisi

 

Tentang IGPKhI JATENG

Saya bertugas sebagai guru SLB Negeri CILACAP, Domisili di jalan Gereja- Purwokerto
Pos ini dipublikasikan di Edukasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s