PENDIDIKAN KHUSUS DI PERGURUAN TINGGI

Oleh Yuswan

Dalam rangka  memperluas kesempatan dan meningkatkan mutu pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus bagi mahasiswa di perguruan tinggi serta dalam rangka  melaksanakan ketentuan pasal 32 ayat (3) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi telah diterbitkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi  dan Pendidikan Tinggi Nomor 46 Tahun 2017.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi  dan Pendidikan Tinggi Nomor 46 Tahun 2017  memberi kesempatan atau peluang  kepada Perguruan Tinggi untuk menerima ABK sebagai mahasiswanya sebagaimana tertuang dalam pasal 4 ayat (3) yang  menetapkan “Perguruan tinggi dapat menyelenggarakan program tertentu bagi mahasiswa berkebutuhan khusus”.

Ketentukan pada hakekatnya  sangat fleksibel disesuaikan dengan kesadaran dan  kemampuan Perguruan Tinggi yang bersangkutan bukan  mewajibkan. Hal ini sangat menguntungkan ABK, karena menangani  ABK bukan beban tetapi dilandasi i’tikad baik. Selain itun bagi mahasiswa ABK sangat terbantu karena pihak Perguruan Tinggi dan Kementerian sama-sama memfasilitasi apa yang dibutuhkan agar dapat berprestasi.

Bila Anda membutuhkan lebih lanentuan ini jut tentang  Permenristekdikti Nomor 46 Tahun 2017 silakan download dengan KLIK AKU

Tentang IGPKhI JATENG

Saya bertugas sebagai guru SLB Negeri CILACAP, Domisili di jalan Gereja- Purwokerto
Pos ini dipublikasikan di Edukasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s