PENDIDIKAN PROFESI GURU

By Yuswan

Peluang untuk menjadi guru semakin terbuka namun semakin selektif dan kompetetif di masa mendatang. Hal ini meruapakan tantangan bagi PGRI sebagai sebuah profesi guru.

Berdasarkan  Permendikbud Nomor 87 Tahun 2013 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan untuk menjadi guru harus mengantongi sertifikat profesi guru terlebih dahulu. Jadi walaupun sudah memegang Ijazah S1 Kependidikan  tidak bisa langsung menjadi guru yang profesional.

Kondisi  lebih selektif, dalam arti hanya lulusan S1 Kependidikan yang mampu memiliki sertifikat profesi saja yang bisa menjadi guru profesional. Sementara kondisinya juga akan menjadi semakin kompetetif karena S1 Non Kependidikan juga bisa menjadi guru profesional dengan jalan mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan.

Berdasarkan pasal 10 Permendiknas No. 87 Tahun 2013 untuk mendapatkan kesempatan mengikuti Pendidikan Profesi Guru Prajabatan  persyaratannya cukup mudah, yakni :

  1. Bagi S1PGTK dan S1 PGPAUD serta S1 PGSD  yang ingin  menjadi Guru TK/RA/TKLB atau sederajat ; SD/MI/SDLB atau sederajat hanya menempuh 18  s/d  20 SKS.
  2. Bagi S1/DIV  Non Kependidikan termasuk S1 Psikologi selain S1 PGSD yang ingin  menjadi Guru  TK/RA/TKLB atau sederajat ; SD/MI/SDLB atau sederajat hanya menempuh 36  s/d  40 SKS.
  3. Sementara bagi S1 Kependidikan dan S1/DIV Non Kependidikan  yang ingin menjadi guru SMP/MTS/SMPLB atau sederajat; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK atau sederajat  hanya diwajibkan menempuh 36 s/d 40 SKS.

Nah kendali untuk melindungi terjaminnya hak siswa yakni menerima  layanan pendidikan yang bermutu pasal 8 ayat 1 memberikan koridor bahwa kuota secara nasional untuk peserta didik prigram PPG ditetapkan oleh menteri.

Apabila kebijakan ini terlaksana diyakini mampu mengangkat kualitas layanan pendidikan menjadi layanan pendidikan yang bermutu karena selektifitas dan kompetatifnya untuk mendapatkan sertifikat lebih tertata.

Semoga ini dapat menjadi cambuk bagi LPTK untuk meningkatkan kualitas outputnya. Semoga…

Bagi Pembaca yang budiman dapat mengunduh Permendikbud dimaksud dengan KLIK : PERMENDIKBUD NO. 87 TAHUN 2013 TT PENDIDIKAN PROFESI GURU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s