LEARNING MANAGEMENT SYSTEM

Diposkan oleh : Yuswan

Pembangunan nasional dalam bidang pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman,bertakwa, dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur, dan beradabberdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

Seiring pelaksanaan pembangunan dimaksud, khusus dalam hal kegiatan untuk menjamin perluasan dan pemerataan akses, peningkatan mutu dan relevansi, serta tata pemerintahan yang baik dan akuntabilitas pendidikan yang mampu menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global perlu dilakukan pemberdayaan dan peningkatan mutu guru  secara terencana, terarah, dan berkesinambungan;

Salah satu upaya peningkatan mutu guru diantaranya peluncuran Program Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB), yakni  merupakan program pemerintah dengan  memfasilitasi guru-guru yang belum sarjana untuk secepatnya menjadi sarjana.

Secara teknis kegiatan dilaksanakan tanpa mengganggu pelaksanaan tugas sebagai tenaga pendidik aktif dengan pelaksanaan program pembelajaran  menggunakan pendekatan dual mode.  Pendekatan dual mode dalam konsep ini adalah perkuliahan dilaksanakan selain dengan tatap muka juga dilaksanakan dengan penggunaan multimedia untuk mendukung pembelajarannya. Perkuliahan tatap muka dilaksanakan pada saat guru libur semester dan akhir tahun, sementara perkuliahan penggunaan multimedia dalam konsep penggunaan E-Learning system.

Pemanfaatan internet untuk mendukung pembelajaran, yaitu pada awalnya hanya melalui penggunaan e-mail untuk mengirimkan tugas-tugas kuliah.  Namun, manfaat e-mail ini hanya terbatas pada pengiriman tugas-tugas kuliah. Mahasiswa belum bisa mengakses materi kuliah melalui e-mail dan tidak mendapatkan umpan balik dari dosen terkait dengan tugas yang telah dikumpulkan. Selain itu, interaksi antara dosen dan mahasiswa sangat terbatas.

Oleh karena itu, penggunaan e-mail ini akan digantikan dengan sistem yang lebih lengkap yang kita kenal dengan Learning Management System (LMS) atau lebih populer dengan sebutan e-Learning. Dengan menggunakan LMS kita dapat mengakses berbagai mata kuliah dalam satu alamat website http://ppkhb.fkip.uns.ac.id. Keuntungan lain dalam pengunaan LMS ini adalah mahasiswa dapat belajar secara mandiri karena materi dan tugas telah tersedia di web sehingga mahasiswa tinggal mengunduh materi dan mengirimkan tugas serta dapat melihat umpan balik yang diberikan oleh instruktur.

Penggunaan LMS dalam pembelajaran sangat luas manfaatnya. Namun, pada semester ini kita akan mempelajari bagaimana mengunduh materi dan mengirimkan tugas serta melihat umpan balik yang diberikan dosen. Untuk penggunaan yang lebih mendalam lagi akan dibahas di semester selanjutnya.

Materis elengkapnya silakan KLIK : LEARNING MANAGEMENT SYSTEM. pdf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s